Legenda danau Kelimutu



Danau Kelmutu sangat populer karena menjadi buah bibir para wisatawan domestik dan mancanegara. Keunikan dan keindahan danau fenomenal ini membuat siapapun tak segan mengunjungi Flores untuk melihat kebenaran mitos bawah air danaunya bisa berubah ubah.banyak yang mengaitkan perubahan air danau dengan mitos yang berkembang di masyarakat sekitar.danau berketinggian 1.639 mdpl ini memiliki sejarah,asal-usul dan mitos yang cukup menarik untuk diketahui selain memiliki pesona alam yang indah tentu tidak lengkap jika tidak tahu sesuatu tentang Danau Kelimutu.

Danau Kelimutu berada di desa pemmo, kecamatan Kelimutu , kabupaten ende, Flores , Nusa tenggara timur , Indonesia.Danau Kelimutu berada di ketinggian 1.639 mdpl dengan luas area ketiga danau sekitar 1.051.000 m2 dan menampung volume air sekitar 1292 juta m3.

Konon, Puncak danau Kelimutu atau bhua ria yang berarti 'hutan lebat penuh awan' tinggallah konde ratu dengan rakyat-rakyatny.dari kumpulan rakyat tersebut, ada dua orang yang menonjol yaitu ata polo seorang penyihir yang dinilai kejam karena suka memangsa manusia dan ata bupu seorang yang amat senang berblas kasih dan mampu menangkal sihir milik Ata polo.

Kehidupan di bhua ria sama seperti kehidupan di daerah lain tenang dan biasa saja. Hal ini berubah ketika sepasang ana kalo (yatim piatu) datang dan meminta tolong kepada ata bupu untuk melindungi mereka karena kedua orang tuanya telah tiada. Hal ini disetujui ata bupu dengan syarat mereka tidak boleh meninggalkan ladang milik Ata bupu takut mereka menjadi mangsa ata polo. Kecemasan ata bupu terbukti ketika ata polo datang menjenguk dan mencium bau mangsa yang keluar dari kedua ana kalo. Ata bupu memohon pada ata polo untuk paling tidak menunggu mereka dewasa sebelum memangsanya .ketika dewasa ata bupu mencoba menghalau ata polo yang berusaha sekuat tenaga untuk memangsa para ana kalo. Sadar tak bisa mengalahkan ata polo. Ata bupu memutuskan untuk kabur ke perut bumi. Ata polo semakin menggila dan ketika sedang mengejar dua remaja tadi,ia juga ditelan bumi, sementara para remaja tewas karena gempa bumi dan terkubur hidup². Tempat ata bupu kabur diperut bumi menyembul air berwarna biru yang diberi nama tiwu ata bupu. Ditempat tewasnya ata polo juga keluar air, tetapi berwarna merah darah dan diberi nama tiwu ata polo. Sementara itu, di gua persembunyian para remaja muncul air berwarna hijau tenang dan bernama Tiwu Nuwa Muri Koo Fai.


Komentar

Postingan Populer